Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerakan Kurangi Sampah Warnai Festival Biduk Gedang Selang Beangkut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 29 Juli 2024, 21:08 WIB
Gerakan Kurangi Sampah Warnai Festival Biduk Gedang Selang Beangkut
Festival Biduk Gedang Selang Beangkut Kemendikbud Ristek/Ist
rmol news logo Gerakan Sadar Mengurangi Sampah Plastik (Geratik) sukses digelar sebagai rangkaian Festival Biduk Gedang Selang Beangkut Kemendikbud Ristek di daerah aliran sungai (DAS) Batang Tabir, Provinsi Jambi.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra mengatakan, kegiatan tersebut adalah upaya dalam melestarikan kebudayaan sekaligus menjaga lingkungan.

“Festival ini bukan hanya ajang seni dan budaya, tetapi juga wadah menyampaikan pesan penting tentang pelestarian lingkungan. Kami harap pesan ini lebih mudah diterima dan diresapi masyarakat luas,” kata Mahendra dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/7).

Selain Geratik, Festival Biduk Gedang Selang Beangkut juga menyertakan kegiatan penebaran benih ikan dan penanaman pohon di sekitar sungai. Kegiatan tersebut menjadi cara menunjukkan perubahan besar dimulai dari langkah kecil.

“Festival ini lebih dari sekadar perayaan budaya karena membawa harapan baru bagi lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kurator Budaya Lokal, Sri Purnama Syam menyebutkan, upaya menjaga kelestarian DAS Batang Tabir diwujudkan melalui bersih-bersih sampah, pelepasan 30 ribu ekor ikan, hingga penanaman bibit pohon baru di sekitar bantaran Sungai Tabir.

“Sungai merupakan sumber kehidupan masyarakat yang telah melahirkan peradaban dan kebudayaan sekitar. Dengan terjaganya alam sekitar, maka kebudayaan turut terjaga,” tambah Sri Purnama. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA