Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bir Pala, Produk UMKM Binaan Magnet Pengunjung Pesta Rakyat Banda Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 29 Juli 2024, 11:15 WIB
Bir Pala, Produk UMKM Binaan Magnet Pengunjung Pesta Rakyat Banda Aceh
Pengunjung menyicipi Bir Pala produk UMKM Binaan Amanah/Ist
rmol news logo Produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) menjadi magnet yang menarik perhatian pengunjung Pesta Rakyat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Salah satu UMKM binaan Amanah yang ramai didatangi pengunjung event yang akan berlangsung hingga 30 Juli 2024, adalah produk usaha minuman “bir” pala. Minuman itu diproduksi seorang mantan satpam bank bernama Ayuzar Saputra.

“Ini namanya Berpala. Ada dua produk, yang pertama kita ciptakan itu kopi pala kemudian dicari pasangannya dapatlah bir pala,” kata Ayuzar dalam keterangan tertulis, Senin (29/7).

Proses uji coba minuman berbahan dasar pala itu kata Ayuzar, memakan waktu selama enam bulan sampai dengan tercipta produk seperti sekarang. Ia mengaku berulang kali menyicipi minuman tersebut untuk menemukan rasa yang paling enak.

Selain itu, ia meneliti khasiat dari minuman tersebut untuk kesehatannya. Begitu juga meminta masukan dan kritikan dari orang-orang terdekatnya di rumah maupun tempat kerjanya sekitar 2018.

Sekilas, tampilan dari minuman Berpala itu memang mirip seperti bir karena sama-sama berbusa di bagian atasnya.

Busa pada minuman tersebut keluar dari proses pengocokan sebelum disajikan dan diminum dalam keadaan dingin.

Dalam sebulan, Ayuzar mengaku bisa memproduksi hingga ribuan botol seharga Rp25.000-160.000 tergantung ukuran. Produk-produknya itu pun telah dipasarkan secara luas di Pulau Sumatera, Jawa bahkan hingga ke Negara Jerman.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA