Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bumi Resources Jalankan Tanggung Jawab Sosial dengan Penyediaan Sarana Air Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 29 Juli 2024, 17:44 WIB
Bumi Resources Jalankan Tanggung Jawab Sosial dengan Penyediaan Sarana Air Bersih
PT Bumi Resources Tbk dalam program penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kampung Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat/Ist
rmol news logo Masih adanya masyarakat yang kesulitan mengakses maupun mendapatkan air bersih yang layak mendorong PT Bumi Resources Tbk untuk menghadirkan solusi.

Salah satunya melalui program CSR yang dilakukan sejak 2023, yakni penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kampung Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dikatakan Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk., Adika Nuraga Bakrie, program ini telah berhasil mengalirkan air bersih untuk 1.000 masyarakat dengan menggunakan mata air yang telah lolos uji kelayakan air bersih.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan berkontribusi dalam pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)," ujar Adika dalam keterangan tertulis, Senin (29/7).

Lebih jauh, Adika Nuraga Bakrie menekankan, bantuan sarana air bersih serta pelatihan hidup bersih dan sehat diharapkan mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Penyelesaian sarana air bersih yang mulai dibangun sejak Oktober 2023 ini ditandai dengan acara serah terima bagi 152 rumah dan 7 sambungan air bersih untuk fasilitas umum yang dilaksanakan pada Mei 2024 lalu. Acara serah terima dihadiri oleh pejabat desa setempat, tokoh masyarakat, badan pengurus sarana air bersih, dan masyarakat sekitar.

Sarana air bersih diserahkan oleh BUMI dan akan dikelola badan pengurus sarana air bersih yang selanjutnya digunakan masyarakat Kampung Wangun Cileungsi demi meningkatkan kesehatan masyarakat dan menghilangkan kelangkaan air bersih.

Bumi Resources menyediakan fasilitas sarana air bersih berupa bak penangkap, bak intake dengan kapasitas 2.5m³, bak reservoir dengan kapasitas 36m³, pemipaan kurang lebih sepanjang 5km, dan sambungan air bersih untuk fasilitas umum, dan membentuk badan pengurus saran air bersih yang beranggotakan masyarakat sekitar agar program dapat berkelanjutan.

Tak hanya itu, Bumi Resources juga memberikan pelatihan hidup bersih dan sehat untuk para penerima manfaat, pelatihan penguatan komite pengelola sarana air bersih, sistem dan jaringan distribusi air bersih, peningkatan kualitas air bersih, manajemen operasional komite, dan keberlanjutan fasilitas air bersih.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA