Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AHY Minta Diplomat Terus Perjuangkan Palestina dan Perdamaian Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 12 Mei 2024, 19:12 WIB
AHY Minta Diplomat Terus Perjuangkan Palestina dan Perdamaian Dunia
Agus Harimurti Yudhoyono saat di Amerika Serikat/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), titip pesan kepada para diplomat senior di Konsulat Jenderal RI dan Perwakilan Tetap RI di PBB, agar terus memperjuangkan nasib Palestina dan perdamaian dunia.

Pesan itu disampaikan di sela-sela kunjungan memenuhi undangan World Bank, di Amerika Serikat (AS), selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang.

“Tolong terus perjuangkan status Palestina, agar perdamaian bisa lebih cepat hadir,” kata AHY, lewat keterangan tertulisnya, Minggu (12/5).

Kepala Badan Pertanahan Nasional itu juga menyampaikan pesan yang sama pada forum temu diaspora dan mahasiswa Indonesia di New York, sebagai respons atas perkembangan di AS belakangan.

Mulai menguatnya aksi protes mahasiswa Columbia University, dukungan moral warga AS kepada nasib warga Palestina, hingga sikap tegas Pemerintah AS terhadap operasi militer Israel di Gaza.

"Jika situasi ini didiamkan, semakin tidak jelas arah perdamaian,” katanya.

AHY menceritakan, berdasar pengalamannya sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB di perbatasan Israel-Lebanon, eskalasi konflik di wilayah perbatasan itu memang sering tidak menentu.

“Para pemimpin dunia harus ikut bersuara. Israel sudah terlalu jauh,” tandasnya.

Karena itu AHY mengajak semua pihak terus mengawal terwujudnya proses perdamaian. “Jika terjadi perang, rakyat yang jadi korban,” kata AHY yang pernah kuliah di sejumlah kampus di AS itu.

Salah satu agenda diplomasi Indonesia, kata dia, harus difokuskan mengawal proses perdamaian melalui forum-forum multilateral. “Terus serukan perdamaian, Palestina harus kembali bangkit,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA