Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menangi 6 Musra, Airlangga Hartarto Berada di Atas Prabowo dan Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 15 Maret 2023, 23:36 WIB
Menangi 6 Musra, Airlangga Hartarto Berada di Atas Prabowo dan Ganjar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/RMOL
rmol news logo Calon Presiden (Capres) dari Partai Golkar, Airlangga Hartarto, kembali memenangi Musyawarah Rakyat Indonesia yang digagas oleh Relawan Jokowi. Kali ini Airlangga menempati urutan puncak dalam Musra yang digelar di Sumatera Utara pada 11 Maret 2023 lalu. Total, Airlangga sudah menang dalam 6 gelaran Musra.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Calon presiden harapan rakyat versi Musra XVIII menempati urutan pertama Bapak Airlangga Hartarto dengan perolehan suara sebesar 815 (35,14 persen),” ucap Ketua Panitia Panitia Pelaksana Musra Indonesia, Panel Barus, di FX Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).

Airlangga bersaing ketat dengan capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang meraih 725 suara (31,26 persen). Disusul Ganjar Pranowo 457 suara (19,71 persen), Mahfud MD 51 suara (2,20 persen), Yusril Ihza Mahendra 45 suara (1,94 persen), Moeldoko 43 suara (1,85 persen).

Selanjutnya ada Anies Baswedan 36 suara (1,55 persen), Ridwan Kamil 22 suara (0,95 persen), Sandiaga Uno 21 suara (0,91 persen), Tengku Erry Nuradi 21 suara (0,91 persen), dan lainnya 83 suara (3,58 persen).

Selain soal capres, Musra XVIII juga menyoal tiga program prioritas harapan rakyat Sumut. Yaitu Ketersediaan Pekerjaan dan Lapangan Usaha yang meraih 681 suara (29.37 persen), Pelayanan Kesehatan Gratis dan Layak 295 suara (12.72 persen), Pendidikan Gratis dan Berkualitas 265 suara (11.43 persen).

“Harapan tertinggi dalam Musra Sumatera Utara adalah lapangan usaha dan ketersediaan pekerjaan yang diikuti ekspektasi atas layanan Kesehatan dan isu program Pendidikan. Terkait dengan gizi, masyarakat Sumut menyoroti kebutuhan sembako yang murah dan pencegahan stunting, serta bantuan pertanian. Ketiganya merepresentasikan pentingnya isu ketahanan pangan untuk masyarakat Sumut,” papar Panel.

“Menariknya, isu pembangunan IKN Nusantara mendapat perhatian yang cukup tinggi, melampaui isu energi murah dan infrastruktur transportasi. Problem upah disoroti oleh Musra Sumut dan dianggap jauh lebih penting dari persoalan reforma agraria yang mendapatkan dukungan sangat terbatas di Musra Sumatera Utara,” sambungnya.

Dalam Musra yang telah dilaksanakan sebelumnya, Airlangga telah menang di lima wilayah. Yakni di Gorontalo, Banten, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA