Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harus Ada Tindakan, Legislator PKS Menduga Masalah Penyekapan WNI di Kamboja Sistemik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 30 Juli 2022, 00:30 WIB
Harus Ada Tindakan, Legislator PKS Menduga Masalah Penyekapan WNI di Kamboja Sistemik
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati/Net
rmol news logo Pemerintah harus segera mengambil langkah dan membebaskan Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga ditahan oleh oknum penipuan perusahaan investasi palsu di Sihanoukville, Kamboja.

Berdasarkan data Mabes Polri yang dialaporkan atase pertahanan Polri Setelah berkoordinasi dengan KBRI Kamboja, penyekapan itu dialami 60 orang WNI.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menduga ada mafia rekrutmen pekerja migran Indonesia (PMI) nonprosedural untuk bekerja di perusahaan investasi maupun teknologi informasi di Kamboja.

"KBRI kita di Kamboja sudah bergerak, kita harapkan bisa berkolaborasi dengan kepolisian Kamboja untuk mengusut hal yang sudah masuk ranah pidana dan mengarah ke dugaan perdagangan orang ini," kata Kurniasih kepada wartawan, Jumat (29/7).

Tidak hanya masalah penyekapan di Kamboja, Kurniasih juga meminta agar aparat kepolisian bisa mengusut jaringan perekrut WNI yang berada di wilayah hukum Indonesia.

"Informasi dari KBRI ada 260 WNI kita yang sudah jadi korban penipuan tawaran pekerjaan di Kamboja. Artinya ini sudah sistemik dan pasti ada operatornya di Indonesia. Aparat kita harus mengusut dan membongkarnya," terangnya.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, agar siapa saja tidak terjebak dan tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan jalur nonprosedural.

"Pastikan jika ingin berangkat ke luar negeri cek semua persyaratan dan dokumennya bisa melalui Dinas Tenaga Kerja setempat atau BP2MI di masing-masing wilayah. Pastikan lewat jalur aman dan legal," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA