Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bicara Arti Kemerdekaan, Megawati Curhat Pernah Jadi Pengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 30 Mei 2021, 18:16 WIB
Bicara Arti Kemerdekaan, Megawati Curhat Pernah Jadi Pengungsi
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi politisi PDIP Eriko Sotarduga dan Yasonna Laoly/Repro
rmol news logo Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengaku pernah menjadi seorang pengungsi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Presiden kelima RI itu menceritakan pernah menjadi seorang pengungsi bersama sang ibu, Fatmawati di Yogyakarta, tepatnya saat Belanda masih menguasai Indonesia.

"Padahal sudah anak presiden, saya pernah ngungsi juga lho. Kalau inget aku di Kali Code (Yogyakarta) situ, sama ibu saya. Karena bapak saya (Soekarno) dibuang ke Bangka," kata Megawati saat meresmikan 25 kantor baru PDIP daerah secara virtual, Minggu (30/5).

Ia mengisahkan, saat itu keluarganya disuruh tinggal di Istana Yogyakarta dan meminta biaya hidup kepada Sultan Hamengku Buwono IX oleh Belanda. Namun permintaan tersebut ditolak.

"Ibu saya disuruh Belanda tinggal di Istana Yogya, ibu saya mana mau. Marah ibu, jadilah ngungsi, dicarikan tempat di Kali Code," jelas Megawati.

Kisah tersebut ia ceritakan dengan maksud agar semua bisa memahami nikmatnya berada di negara yang merdeka, seperti Indonesia dibanding saat masih dijajah Belanda.

"Jadi tahu arti merdeka itu opo? Yang ada dulu perbudakan. Jangan lupa lho. Kita harus selalu ingat sejarah agar semangat kita selalu muncul. Kita ini berjuang untuk anak cucu kita," demikian Megawati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA