Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewas Pecat Pegawai Pencuri Barbuk, Pengamat: Selama Ini Kita Tidak Tahu Bagaimana KPK Adili Diri Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 09 April 2021, 07:28 WIB
Dewas Pecat Pegawai Pencuri Barbuk, Pengamat: Selama Ini Kita Tidak Tahu Bagaimana KPK Adili Diri Sendiri
Ketua Dewas Tumpak Hatorangan Panggabean/RMOL
rmol news logo Kehadiran Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai terasa setelah memecat secara tidak hormat pegawai KPK yang kedapatan mencuri barang bukti.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto menanggapi adanya pegawai KPK yang dipecat karena mencuri barang bukti berupa emas batangan seberat 1,9 kilogram yang merupakan barang rampasan negara.

Menurut Satyo, sejumlah kewenangan untuk Dewas sudah diatur dalam Pasal 37B UU 19/2019 tentang KPK.

Selain mengawasi kinerja pimpinan KPK serta izin tertentu terkait penyelidikan, penyidikan hingga penggeledahan maupun izin lainnya, Dewas juga diberi kewenangan untuk evaluasi terhadap seluruh pegawai KPK.

Sehingga, perilaku dan tindakan seluruh pegawai termasuk pimpinan bisa diberikan sanksi jika kedapatan melanggar kode etik.

"Selama ini memang masyarakat tidak tahu bagaimana KPK mengadili dirinya sendiri, bukan tidak mungkin hal-hal seperti itu pernah terjadi," ujar Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/4).

Namun kata Satyo, setelah adanya Dewas, terkait tindakan indispliner proses reward and punishment bisa terbuka. Dan masyarakat dapat menilai kinerja seluruh pegawai KPK termasuk pimpinannya.

"Sebab mereka bukan malaikat yang tidak akan tergoda dengan peluang atau kesempatan, sebagai pihak yang memiliki akses ke barang bukti korupsi kesempatan itu akan selalu ada," pungkas Satyo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA