Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catatan Terbentuknya KAMI 2020

Senin, 03 Agustus 2020, 15:27 WIB
Catatan Terbentuknya KAMI 2020
Pengenalan KAMI/RMOL
NAMA KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) sudah pernah ada di tahun 1966, sebagai suatu gerakan moral mahasiswa melawan rezim Orde Lama, dengan membentuk koalisi aksi-aksi mahasiswa baik itu intra kampus maupun organisasi mahasiswa ekstra kampus.

Kini nama KAMI lahir kembali sebagai Kesatusan Aksi Menyelamatkan Indonesia. Sebagai seorang aktivis, meskipun tidak hadir dalam deklarasinya, saya mendukung penuh gerakan moral ini.

Mengapa Diperlukan Aksi-aksi?


Selama pemerintahan Jokowi berkuasa baik di periode pertama hingga awal periode keduanya, ternyata kinerja pemerintahan tidak menunjukkan hasil seperti dijanjikan saat kampanye Pilpres.

Ekonomi stagnan di pertumbuhan 5 persen dan pengganguran terus bertambah. Bukan itu saja, amanat reformasi, yaitu untuk memberantas KKN (Kolusi, Korupsi & Nepotisme) tidak dijalankan secara menyeluruh dan tuntas. Korupsi masih banyak terjadi, bahkan nepotisme di Pilkada dan Pemilu sangat kental.

Yang paling parah adalah sikap represi pemerintah terhadap hak-hak konstitusional rakyat, salah satunya hak menyatakan pendapat. Penangkapan dan kriminalisasi kerap terjadi untuk membungkap protes rakyat.

Selama ini protes dan kritik banyak disampaikan rakyat baik kepada pemerintah maupun DPR, tetapi hasilnya nol besar, tidak ada perubahan yang menunjukkan bahwa negara berjalan di relnya sesuai amanat proklamasi dan UUD 1945.

Singkatnya, aksi-aksi akan terus diperlukan untuk ketika negara sudah menyimpang jauh dari cita-cita konstitusi. Ini adalah hal yang kerap terjadi di setiap rezim. Pemerintahan SBY pun pernah menghadapi berbagai aksi yang memprotes kebijakannya. Tentu yang dimaksud di sini adalag aksi damai, aksi moral.

Mengapa Perlu Koalisi?


Koalisi terbentuk ketika semua kelompok-kelompok aksi sudah sampai pada satu titik pemahaman bahwa kini saatnya arah negara harus diluruskan lagi.

Negara harus diselamatkan segera. Koalisi juga menunjukkan bahwa gerakan moral ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, lintas agama, suku, etnis, profesi dan status sosial.

Koalisi juga mensinergikan semua kekuatan rakyat dalam suatu kepempinan aksi agar aksi berjalan dengan damai tetapi memiliki daya juang yang sangat besar untuk mendorong lahirnya perubahan yang menyelamatkan negara ini.

Format Menyelamatkan Indonesia

Sebagai koalisi yang baru dideklarasikan, saya sangat berharap KAMI dapat segera menggelar agenda aksinya agar menjadi gelombang-gelombang besar yang mengikut sertakan pastisipasi rakyat. Hingga menggelinding bak bola salju yang terus membesar.

Tetapi seringkali dalam sejarah suatu koalisi gerakan moral terjadi persaingan yang melibatkan ego figur atau tokoh untuk didaulat menjadi tokoh sentral atau pemimpin koalisi. Saya pikir ini adalah langkah berikutnya.

Langkah pertama adalah membesarkan gerakan moral KAMI. Jika sejak awal sudah kental dengan persaingan para tokoh, maka besar potensi gerakan layu sebelum berkembang. Mudah untuk ditunggai, di fiet a comply dan dikoptasi.

Juga di tahap pertama ini sudah bisa disosialisasikan kepada rakyat bagaimana format menyelamatkan Indonsia. Apakah format nya melalui rute Pilpres atau suatu majelis.

Jika pilpres, mau pilpres yang seperti apa, tanpa atau tetap dengan threshold. Jika majelis mau model seperti apa. Apapun itu menurut saya adalah konstitusional selama rakyat yang menghendakinya.

Format menyelamatkan Indonesia ini penting untuk dikomunikasikan agar rakyat melihat suatu perjuangan moral yang konstitusional dan sangat realistis. Dengan demikian partisipasi rakyat terlibat dalam gerakan moral ini akan cepat membesar.

Sekali lagi, saya dukung KAMI 2020. Maju tak gentar. Mari bung kembalikan Indonesia pada arah yang benar. Wassalaam. rmol news logo article

Gde Siriana Yusuf

Aktivis Bandung Initiatives, yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (Infus)

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA