Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolda Riau Ajak Akademisi Cari Jurus Cegah Karhutla

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 14 Februari 2020, 21:35 WIB
Kapolda Riau Ajak Akademisi Cari Jurus Cegah Karhutla
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi (kanan)/Ist
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi momok setiap tahunnya bagi Provinsi Riau. Masalah ini pun menjadi perhatian serius Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Selain membuat inovasi dashboard Lancang Kuning, sistem yang dibangun untuk menampung saran, ide dan tindakan seluruh stakeholder terkait, Irjen Agung juga mengajak akademisi dari pusat studi kebencanaan Universitas Riau (Unri) dan UIN Suska Riau untuk membahas prediksi titik api dan karhutla.

“Diskusi ini adalah kolaborasi pertama kita. Dan kita harapkan ke depan, bisa kita lanjutkan dengan formulasi yang sudah kita diskusikan hari ini,” kata Agung Setya dalam keterangannya, Jumat (14/2).

Dengan mendiskusikan karhutla bersama akademisi, dia berharap semua stakeholder termasuk masyarakat Riau menemukan formula yang tepat untuk membuat mencegah Karhutla.

“Kami mempersilakan relawan dan pusat studi bencana untuk menggunakan aplikasi (dashboard Lancang Kuning) ini dalam studinya di universitas,” tegasnya

Agung menambahkan, Polda Riau tengah menggagas event lari berskala internasional Sumatera Jungle Run (SJR). Event ini, sambungnya, juga bisa digunakan untuk melihat hasil dari upaya yang telah dilakukan selama ini dalam penanganan karhutla pada musim kemarau pertama. Pasalnya, event Sumatera Jungle Run tidak bisa dilaksanakan apabila banyak terjadi karhutla.

“Ini untuk mengukur, bagaimana kerja yang sudah kita lakukan selama ini, memang kalau dibilang nekat ya harus begitu untuk mengukurnya,” tandas Agung.

Dalam diskusi itu, selain perwakilan dari UIN Suska dan UNRI, juga diikuti oleh sekitar 25 orang pakar di bidang masing seperti dari dari BMKG, BPS, Karo AAKK UIN Suska Riau, Kepala PTIPD, Pejabat Utama Polda Riau beserta beberapa stakeholder terkait karhutla yang selalu peduli dengan karhutla Riau. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA