Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jenderal Idham Azis Minta Polda Lain Belajar Dari Provinsi Riau Tangani Karhurtla

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 12 Februari 2020, 23:15 WIB
Jenderal Idham Azis Minta Polda Lain Belajar Dari Provinsi Riau Tangani Karhurtla
Kapolri Jenderal Idham Azis saat bertandang ke Riau/RMOL
rmol news logo Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru, Riau dalam rangka melakukan rapat koordinasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara jenis Boeing 737, rombongan berangkat dari base ops, Halim Perdanakusuma, Jakarta dan mendarat di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin tepat pukul 15.45 WIB.

Kemudian rombongan bergerak dari Lanud Roesmin Nurjadin menuju ke posko relawan karhutla Provinsi Riau, para relawan yang terdiri dari beberapa unsur seperti Tagana, SAR, Damkar, ormas-ormas serta asosiasi para pengusaha kelapa sawit itu menyabut Kapolri dan Panglima TNI.

Disana, Kapolri dan Panglima TNI mendengarkan paparan langsung dari relawan karhutla mengenai teori serta praktik bagaimana menangani sekaligus langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Di Provinsi Riau sudah sangat bagus dalam langkah pencegahan, bahkan saya minta terutama Polda lain harus mencontoh apa yang sudah dilakukan di Riau,” kata Kapolri di lokasi posko relawan karhutla, Pekanbaru, Riau, Rabu (12/2).

Kapolri mengapresiasi jajaran Polda Riau yang mampu merangkul semua unsur pimpinan daerah dengan membentuk posko terpadu penanganan karhutla.

“Saya sudah dengar paparan Gubernur dan Kapolda tentang penanganan karhutla, saya melihat dan saya secara pribadi sangat mengapresasi,” ucapnya.

Untuk itu, Idham mengatakan telah memerintahkan Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol Herry Rudolf Nahak untuk mengajak 13 Polda yang wilayahnya sering terjadi kabakaran hutan dan lahan.

“Saya sudah perintahkan Asops Kapolri bagi 13 Polda yang kerap karhutla untuk mencontoh jajaran Polda Riau, lihat bagaimana modulnya. Akhir Februari saya harapkan sudah jalan,” pungkas Idham.

Dalam upaya menangani Karhutla ini, Idham menambahkan, Polri telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penegakan hukum yang berjalan seiring dengan langkah-langkah pencegahanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA