Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebak Dihantam Banjir Bandang, Bareskrim Polri Selidiki Dugaan Pembalakan Liar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 06 Januari 2020, 09:09 WIB
Lebak Dihantam Banjir Bandang, Bareskrim Polri Selidiki Dugaan Pembalakan Liar
Komjen Listyo Sigit Prabowo dan Iti Jayabaya/Repro
rmol news logo Banjir bandang yang melanda 6 kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu lalu (1/1) disinyalir sebagai akibat tindakan pembalakan dan penambangan liar di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Oleh karena itu, Bareskrim Polri akan mendalami dugaan ini sehingga terjadi banjir bandang tersebut.

Hal itu disampaikan Kabareskrim Polri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat meninjau lokasi banjir di Posko Gedung PGRI Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (5/1).

"Nanti akan didalami, apakah karena masalah adanya hutan yang tipis, atau kondisi tanahnya yang labil, dan di situ juga pernah ada tambang-tambang. Nanti semuanya akan kita cek," ujar Sigit, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Menurut mantan Kapolda Banten ini, proses penyelidikan di kawasan hutan konservasi itu akan dilakukan setelah masa tanggap darurat selesai dan kondisi warga terdampak bencana alam stabil.

Semua pihak, terutama Polri, saat ini diimbau melakukan proses pertolongan, evakuasi, dan pembersihan rumah warga terdampak bencana alam.

"Nanti setelah ini akan dilakukan penertiban. Yang terpenting bagaimana mengembalikan masyarakat terkena dampak ini untuk segera pulih," terangnya.

Kabareskrim, dalam kunjungannya ikut memberikan bantuan kepada para korban di posko pengungsian.

Datang dengan didampingi istri, Kabareskrim disambut Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Dirlantas Polda Banten Komisaris Besar Wibowo dan Kapolres Lebak Ajun Komisaris Besar Andre Firman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA