Kementan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani

Selasa, 19 Maret 2019, 09:45 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Foto:Net

. Badan Urusan Logistik (Bulog) harus bergegas menyerap gabah petani di seluruh Indonesia.

"Saat ini Bulog harus bergegas menyerap gabah petani, karena harga sudah mulai turun mendekati harga Rp. 4.070," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi di kantornya, Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut Agung, memasuki Minggu ketiga hingga akhir Maret ini, beberapa wilayah sentra produksi padi di Indonesia tengah memasuki masa panen. Diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Lampung dan Jawa Barat.

"Kondisi ini merupakan waktu yang tepat bagi Bulog untuk menyerap hasil panen petani secara maksimal. Jika tidak segera diserap, kasihan petani kalau harganya anjlok," tambah Agung.

Menurutnya, dengan serapan gabah oleh Bulog, diharapkan stabilisasi harga pangan tetap stabil di tingkat petani dan konsumen.

"Jangan sampai petani berteriak kalau harga jatuh. Serap segera. Kalau harga sudah terlanjur jatuh, sulit lagi mengembalikan karena kita tahu kemampuan Bulog tidak banyak," lanjut Agung.

Dalam upaya mempercepat serapan gabah petani, pihaknya sudah melakukan pendekatan melalui Gapoktan, baik langsung maupun melalui mitra.

"Gapoktan dan mitra sanggup menyetorkan berapapun yang diperlukan Bulog, sekarang tinggal Bulog membuka diri," tegas Agung.

Selain berperan dalam stabilisasi harga, Agung mengakui jika fungsi Bulog itu juga untuk mengamankan stabilisasi pasokan.

"Jadi kalau harga sudah turun begini dan Bulog tidak menyerap berarti Bulog tidak melakukan salah satu fungsinya," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019