Festival Wonderful Kota 1001 Goa, Kiat Ibas Galakkan Pariwisata Pacitan

Minggu, 09 Desember 2018, 14:16 WIB | Laporan: Widian Vebriyanto

Edhie Baskoro Yudhoyono/Repro

. Festival Wonderful Kota 1001 Goa merupakan salah satu kiat untuk meningkatkan sektor pariwisata. Potensi alam yang dimiliki Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, bisa menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Demikian disampaikan Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil VII Jawa Timur Edhie Baskoro Yudhoyono lewat keterangan tertulis, Minggu (9/12).

Sebagai wujud kepedulian dan upaya meningkatkan sektor pariwisata di Pacitan, Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro, menggandeng Kementerian Pariwisata menggelar Festival Wonderful Kota 1001 Goa di Pacitan pada Sabtu (8/12) lalu.

Putra bungsu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, festival bertajuk Paradise Of Java tersebut juga digelar untuk merangkul UMKM yang ada di tanah Seribu Satu Goa.

"Selain cinta wisata lokal, saya mengajak para penggiat UMKM untuk terus meningkatkan produksivitasnya. Mari kita kembangkan lagi produk kita. Kita pasarkan produk kita ke kota lain bahkan ke negara lain,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ibas mengaku mendengar langsung aspirasi salah satu pelaku UMKM asal Ngadirojo bernama Yuni yang mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut.

“Kekayaan produk lokal Pacitan semakin dikenal di berbagai daerah,” terangnya menirukan Yuni.

Lebih lanjut, ketua Fraksi Partai Demokrat itu menegaskan akan terus mengembangkan ekonomi lokal, khususnya melalui sektor wisata Pacitan.

Ibas mengaku sejauh ini perkembangan UMKM di wilayah Pacitan semakin besar seiring makin tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. [wid]
Editor: RMOL

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019