Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soroti Demo Tolak Dinasti, Megawati: Ini Darurat Demokrasi!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Agustus 2024, 18:00 WIB
Soroti Demo Tolak Dinasti, Megawati: Ini Darurat Demokrasi<i>!</i>
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8)/RMOL
rmol news logo Unjuk rasa yang dilakukan elemen masyarakat dan mahasiswa yang menolak revisi UU Pilkada oleh DPR mendapat sorotan tajam dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.
HUT 79 RI

Demonstrasi digelar di depan DPR sejak tadi pagi hari dan hingga kini masih berlangsung. Bahkan unjuk rasa berlangsung panas. Massa aksi marah dan menjebol pagar serta melempar batu ke aparat kepolisian.

Pasalnya langkah DPR ini sangat tiba-tiba karena hanya sehari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan Putusan No. 60/PUU-XXII/2024 yang menurunkan ambang batas pemilihan kepala daerah. Hal ini memunculkan dugaan adanya pesanan dari pihak tertentu.

"Ini kan hati nurani mulai bergerak bagi mereka yang istilahnya tidak punya kekuasaan, tapi melihat, ini demokrasi bisa berjalan apa nggak ya?" kata Mega di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Ketua Umum PDIP itu pun meminta kepada para kadernya untuk turut mengawal jalannya perpolitikan hari ini. Apalagi Megawati mengendus ada upaya dari pihak tertentu mengakali konstitusi.

"Ini darurat demokrasi," tegas Ibunda Ketua DPR RI, Puan Maharani itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA