Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suswono: Jebolan HMI, Guru Madrasah hingga Mentan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 20 Agustus 2024, 02:31 WIB
Suswono: Jebolan HMI, Guru Madrasah hingga Mentan
Bakal Cawagub Jakarta Suswono/Ist
rmol news logo Politikus senior PKS Suswono yang namanya hampir senyap di jagat perpolitikan, mendadak mencuri perhatian setelah resmi digandeng jagoan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024. 
HUT 79 RI

Sebenarnya Suswono yang tercatat menempati posisi sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS ini merupakan politikus yang kenyang pengalaman.

Mantan Ketua HMI Cabang Bogor tahun 1982-1983 ini adalah Menteri Pertanian di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2009-2014.

Sebelum berkiprah di panggung politik, Suswono yang lahir di Tegal (Jawa Tengah) pada 20 April 1959 pernah bersekolah di bangku SMA di Slawi dan kemudian melanjutkan sekolah di IPB jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan lulus tahun 1984.

Suswono selanjutnya merampungkan S2 di tahun yang sama dan disertasi S3 di kampus yang sama.

Setelah itu, Suswono memilih menjadi guru Madrasah Aliyah Negeri Bogor pada tahun 1983-1986.

Lalu Suswono bekerja sebagai dosen tetap Universitas Ibn Khaldun Bogor mulai tahun 1984-2022.

Bukan cuma itu, Suswono juga pernah menjadi dosen tidak tetap di Institut Pertanian Bogor tahun 1984-1988.

Di tengah kesibukannya sebagai dosen, Suswono pernah menjadi Tenaga Ahli Menteri di Kementrian Kehutanan RI dari tahun 1999-2001.

Berikutnya, suami dari Mieke Wahyuni ini maju sebagai calon legislatif PKS dalam Pemilu 2004.

Suswono sukses melenggang ke Senayan melalui Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.

Suswono menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009 dan sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV yang mengurusi pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan.

Selepas tak lagi menjabat Mentan, Suswono ternyata pernah mengadu peruntungan di Pilkada Brebes pada tahun 2017 dan berpasangan dengan Akhmad Musttaqin, namun gagal.

Kini Suswono menatap Jakarta bersama Ridwan Kamil dengan dikawal KIM Plus yan beranggotakan 10 partai yang mendapatkan kursi di DPRD DKI Jakarta, yaitu PKS, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PSI, PAN, PPP, dan Perindo. Sementara dua partai lain yang tak punya kursi adalah Partai Gelora dan Partai Garuda.rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA