Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RESHUFFLE KABINET

Jokowi Sikat 2 Menteri Jatah PDIP, Kader Nasdem Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 19 Agustus 2024, 09:51 WIB
Jokowi Sikat 2 Menteri Jatah PDIP, Kader Nasdem Aman
Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo melantik menteri baru hasil kocok ulang atau reshuffle kabinet di Istana Negara, Senin (19/8).
HUT 79 RI

Adapun, menteri baru yang dilantik yakni dari pos Kementerian Hukum dan HAM, ESDM, dan Kementerian Investasi/Kepala BKPM.

Yasonna H Laoly digantikan oleh politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas sebagai Menkumham. Sementara, Arifin Tasrif digantikan Bahlil Lahadalia sebagai menteri ESDM.

Posisi Bahlil di Kementerian Investasi/BKPM diisi mantan Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Selain empat menteri, Jokowi juga melantik Wakil Menkominfo yakni Angga Raka Prabowo.

Presiden Jokowi memimpin sumpah jabatan mereka beberapa saat lalu.

Yasonna diketahui adalah kader PDIP, sementara Tasrif meski bukan kader tetapi disebut-sebut bisa menjadi menteri karena "jatah" PDIP.



Isu reshuffle mengemuka tiga pekan lalu. Selain tiga nama menteri di atas, satu menteri yang diisukan kena kocok ulang yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang kini diisi kader Nasdem Siti Nurbaya konon digantikan kader PSI Raja Juli Antoni.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengungkapkan perombakan kabinet ini dilakukan dalam rangka transisi pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik.

"Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," kata Ari.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA