Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Pembelaan Heru soal APBD DKI 2023 Anjlok Rp5 T

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 30 Juli 2024, 04:03 WIB
Ini Pembelaan Heru soal APBD DKI 2023 Anjlok Rp5 T
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/Ist
rmol news logo Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengakui bahwa total APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 mengalami penurunan sebesar Rp5 triliun dibandingkan APBD (murni) Tahun Anggaran 2023 yang sebesar Rp83,79 triliun. 

Menurut Heru, penurunan ini disebabkan penyesuaian terhadap capaian target pendapatan dan alokasi anggaran belanja yang lebih realistis.

"Penyesuaian target pendapatan dilakukan karena target Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah pada tahun-tahun sebelumnya sangat tinggi namun tidak tercapai," kata Heru saat rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (29/7).

Sementara itu, alokasi anggaran belanja diarahkan pada pemenuhan belanja prioritas yang berkesinambungan dengan implementasi program prioritas. 

Yakni pembangunan infrastruktur dan layanan perkotaan seperti penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, penanganan sampah, pertumbuhan ekonomi dan sektor usaha, serta pemulihan ekosistem kota dan implementasi pembangunan rendah karbon.

"Prioritas belanja juga difokuskan pada pemberian bantuan dalam bentuk subsidi pelayanan publik, bantuan sosial, serta bantuan keuangan bagi pemerintah daerah lainnya dalam rangka kerja sama antar daerah," kata Heru.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA