Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Fokus Kembangkan Kemitraan Bersama Kawasan Pasifik di IPPP Ke-2

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Juli 2024, 23:31 WIB
DPR Fokus Kembangkan Kemitraan Bersama Kawasan Pasifik di IPPP Ke-2
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Ist
rmol news logo Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ke-2 yang digelar di Jakarta pada 24-26 Juli 2024 diharapkan turut membahas pengembangan kemitraan di berbagai bidang bersama negara kawasan Pasifik, mulai dari konektivitas hingga maritim.

“Sebagai negara kepulauan, kita mempunyai tantangan dan kerentanan geografis yang sama,” kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, Rabu (24/7).

Puan lantas menyinggung pandemi Covid-19 dan perubahan iklim yang telah memperburuk berbagai sektor, seperti pariwisata, perikanan, hingga komponen penting dalam sistem perdagangan dan transportasi global.

“Bencana alam seperti angin topan, tsunami, dan letusan gunung berapi semakin menegaskan perlunya strategi yang tangguh dan kooperatif," lanjut Puan.

Puan menyebut, IPPP juga bisa menjadi ruang diskusi yang berfokus pada isu-isu utama seperti mendorong konektivitas dan pembangunan inklusif, mengelola laut secara berkelanjutan, dan memanfaatkan potensi maritim untuk pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon menyebut pihaknya turut memberi perhatian pada perkembangan ekonomi hijau dengan berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

“Tantangan yang dihadapi wilayah kita unik dan signifikan. Sebagai negara kepulauan, kami sangat menyadari dampak perubahan iklim, bencana alam, dan pandemi global yang baru-baru ini terjadi terhadap perekonomian dan komunitas kami,” jelas Fadli Zon. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA