Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu Dasco Ketua DPR Testing The Water Revisi UU MD3?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 14 Juni 2024, 15:10 WIB
Isu Dasco Ketua DPR <i>Testing The Water</i> Revisi UU MD3?
Ilustrasi/Net
rmol news logo Mendadak publik diberikan wacana tentang Sufmi Dasco Ahmad menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029. Namun, munculnya isu tersebut dipertanyakan maksud dan tujuannya.

Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos menilai, narasi yang sempat viral di media sosial itu memunculkan banyak persepsi di publik.

Termasuk, mengemuka anggapan ada pihak-pihak tertentu yang menginginkan perubahan mekanisme pemilihan ketua DPR.

"Jangan-jangan ini adalah bagian dari test the water, untuk menguji sejauh mana persetujuan publik tentang perubahan UU MD3, yang menyasar posisi ketua DPR RI agar tidak diduduki oleh PDIP yang potensi besar menjadi oposisi?" ujar Subiran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/6).

Menurutnya, UU 17/2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3), telah mengatur secara jelas mekanisme penentuan Ketua DPR.

"Ini ditafsirkan banyak kalangan sebagai kode akan ada revisi UU MD3 utamanya berkaitan dengan mekanisme pemilihan ketua DPR, sehingga tidak mesti dari pemenang pemilu," tuturnya.

"Tapi, kalau berdasarkan UU MD3 yang sekarang, yang berhak menduduki kursi ketua DPR adalah pemenang Pemilu dalam hal ini PDIP," demikian Subiran menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA