Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewan Kesehatan Rakyat: Mudah-mudahan PBI Jamsostek segera Terealisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 30 Januari 2024, 16:35 WIB
Dewan Kesehatan Rakyat: Mudah-mudahan PBI Jamsostek segera Terealisasi
Ilustrasi pekerja informal/Net
rmol news logo Aturan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jamsostek yang telah dibahas sejak tahun 2021 harus serius dijalankan pemerintah agar tidak terjadi kesalahan data. Jika sudah terealisasi, maka diharapkan tidak merepotkan pekerja.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Provinsi Banten, Argo Bani Putra berkaitan program tersebut yang belum menyentuh pekerja informal.

"Pekerja cukup melaporkan ke kantornya masing-masing dan bukan memotong gaji mereka, melainkan seluruhnya di-cover oleh pemerintah," kata Bani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/1).

Menurutnya, perusahaan juga harus bertanggung jawab penuh atas hak para pekerja untuk program PBI Jamsostek. Salah satunya menghindari birokrasi yang berbelit-belit.

"Mudah-mudahan dapat terealisasi pada 2024 dengan baik," demikian harapan Argo.

Sejauh ini, ada sebanyak 43,83 juta pekerja miskin dan tidak mampu sudah terdaftar sebagai peserta PBI JKN. Namun dari jumlah tersebut, mereka belum terlindungi dalam program Jamsostek. Oleh sebab itu, program PBI Jamsostek diharapkan bisa mendorong peningkatan coverage jaminan sosial ketenagakerjaan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA