Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi IX DPR: PBI Jamsostek Penting untuk Perlindungan Pekerja Informal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 30 Januari 2024, 16:10 WIB
Komisi IX DPR: PBI Jamsostek Penting untuk Perlindungan Pekerja Informal
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati/Ist
rmol news logo Perlindungan ketenagakerjaan wajib diberikan pemerintah kepada semua kalangan pekerja, baik pekerja formal maupun informal.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengatakan, jumlah pekerja informal di Indonesia cukup banyak. Namun sayangnya, belum semua tercover perlindungan ketenagakerjaan.

“Dengan mayoritas pekerja informal di Indonesia, maka program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jamsostek sudah amat penting diterapkan. Mereka yang bekerja di sektor informal sejauh ini juga tidak mendapatkan jaminan keberlangsungan upah dari pekerjaannya,” kata Kurniasih dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/1).

Kurniasih berujar jika PBI Jamsostek terealisasi dengan baik, maka para pekerja informal di Indonesia hidupnya bisa lebih terjamin dari risiko saat bekerja.

“Program PBI Jamsostek harus didukung dan didorong terlaksana secara optimal. Agar semua pekerja informal mempunyai jaminan sosial dalam kehidupan dan pekerjaan dilakoninya,” sambung politisi PKS ini.

Skema PBI Jamsostek, kata dia, dalam penerapannya penting dipertimbangkan secara matang oleh pihak terkait. Sebab, mereka tidak memiliki jumlah penghasilan tetap seperti dirasakan pekerja formal.

"Dari sisi lapangan kerja, justru pekerja informal yang paling terbuka kesempatannya," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA