Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Koalisi Masyarakat Sipil Soroti Kejanggalan di Balik Pemanggilan 176 Kades

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 02 Desember 2023, 21:27 WIB
Koalisi Masyarakat Sipil Soroti Kejanggalan di Balik Pemanggilan 176 Kades
Polda Jawa Tengah/Net
rmol news logo Harus ada penjelasan untuk, terkait permintaan keterangan secara serentak terhadap 176 kepala desa di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, oleh Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah.

Pasalnya, kata anggota Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu 2024, Julius Ibrani, pemanggilan yang menjadi kejutan karena baru kali pertama dilakukan Polda Jateng, kini menjadi sorotan publik.

"Pemanggilan terhadap sejumlah kepala desa di tahun pemilu ini telah menimbulkan kontroversi dan perhatian masyarakat," ujar Julius kepada wartawan, Sabtu (2/12).

Tanpa ada penjelasan utuh, lanjutnya, akan menjadi ancaman pada kepercayaan publik pada pelaksanaan Pemilu 2024. Terlebih, belakangan ramai isu mobilisasi kepala desa untuk mendukung kandidat calon tertentu.

"Belakangan ini ada indikasi kuat kontestan Pemilu yang berupaya memobilisasi dukungan para kepala desa untuk kepentingan pemenangan politik pemilu," katanya.

Julius menyebutkan, ada beberapa kejanggalan pada pemeriksaan kepala desa itu. Paling santer disorot adalah bagaimana Jateng menjadi salah satu wilayah pertarungan sengit, khususnya Pilpres 2024.

"Kejanggalan itu mulai dari momentumnya di tengah pelaksanaan pemilu, pemanggilan yang serentak, dan berlangsung di daerah utama kontestasi elektoral," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA