Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

96 Negara Jadi Pasien IMF, Jokowi: Alhamdulillah Indonesia Sehat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 07 Oktober 2023, 16:05 WIB
96 Negara Jadi Pasien IMF, Jokowi: Alhamdulillah Indonesia Sehat
Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Konsolidasi Akbar Relawan Alap-alap Jokowi, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10)/Repro
rmol news logo Kondisi perekonomian global kembali disinggung Presiden Joko Widodo. Dia mengklaim Indonesia dalam keadaan lebih baik ketimbang puluhan negara lain.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi pada Konsolidasi Akbar Relawan Alap-alap Jokowi, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10).

"Saya harus ngomong apa adanya, bahwa dunia sekarang ini sedang tidak baik-baik saja. Tetapi alhamdulilah negara kita masih normal," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu pun memperkuat klaimnya dengan menyajikan data negara-negara yang harus berhutang ke International Monetary Fund (IMF).

"Perlu saya sampaikan, sekarang ini sudah 96 dari 260-an negara sudah masuk jadi pasien IMF. Seperti kita alami pada 1997-1998. Kita pernah jadi pasien IMF," tambahnya.

Menurutnya, kondisi perekonomian yang minus di banyak negara itu merupakan dampak pandemi Covid-19.

"Karena, setelah covid masuk di hampir semua negara di dunia, ada yang bisa kembali normal, baik kesehatan maupun ekonominya," katanya.

Menurut Jokowi, perekonomian Indonesia pasca Covid-19 tidak seperti puluhan negara lain yang harus meminta bantuan IMF.

"Dan ini patut kita syukuri. Sekarang kita masih sehat-sehat saja dan tidak menjadi pasien IMF. Berkat kerja keras kita semuanya," tandasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA