Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi dan Keluarganya akan Rugi Jika Gabung PSI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 24 September 2023, 12:42 WIB
Jokowi dan Keluarganya akan Rugi Jika Gabung PSI
Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution dan Kaesang Pangarep/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution diprediksi tidak akan mengikuti jejak Kaesang Pangarep bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Analis politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menuturkan, Jokowi, Gibran dan Bobby tentu tidak akan pindah partai ke partai kecil.

"Kecuali kalau PSI-nya masuk parlemen kursinya besar, dan menjadi sebuah kekuatan politik besar di parlemen, baru jadi. Bargaining-nya tinggi, baru. Tapi, PSI ini kan partai kecil, partai yang nonparlemen, tidak punya kekuatan di parlemen juga, tidak punya bargaining politik juga di parlemen," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (24/9).

Menurutnya, jika Jokowi pindah partai, maka dipastikan akan merugi. Terlebih, partai yang dipilihnya adalah partai kecil yang belum pernah bersuara di Senayan.

"Mungkin Jokowi pindah partai, kita kan tidak tahu. Kalau satu di PSI saja pindahnya, rugi bagi keluarga Jokowi, karena PSI partai kecil yang tidak punya bargaining politik di parlemen," katanya.

Ujang menyarankan jika Jokowi, Gibran dan Bobby jika ingin pindah dari PDIP, seharusnya ke partai besar jangan partai kecil.

"Kalau mau pindah, harusnya ke partai besar yang punya bergaining politik yang besar, punya kekuatan di parlemen," tutupnya.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA