Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratna Sarumpaet Menolak Pemilu 2024, Ini Alasannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 23:57 WIB
Ratna Sarumpaet Menolak Pemilu 2024, Ini Alasannya
Ratna Sarumpaet/RMOL
rmol news logo Aktivis senior Ratna Sarumpaet menegaskan bahwa pihaknya menolak Pemilihan Umum (pemilu) 2024. Pasalnya, dari ketiga figur yang digadang sebagai bakal capres, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, tidak menunjukkan keseriusannya ingin mengubah bangsa Indonesia.

Itu lantaran dari ketiganya tidak ada yang ingin mengembalikan UUD 1945 kepada khittahnya yang orisinil.

“Aku nggak memilih pemilu soalnya. Jadi gerakan kami itu menolak Pemilu juga,” tegas Ratna saat jumpa pers di kediamannya, di Kampung Melayu Kecil V/24, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Selain itu, jika mengacu pada UUD 1945 yang asli, Indonesia tak mengenal sistem pemilu one man one vote. Menurutnya, dalam UUD 1945 hanya mengenal sistem keterwakilan dari warga bangsa.

“Kalau UUD 1945 itu kan prinsip dari kita kan demokrasinya adalah keterwakilan kenapa? Karena kita terdiri warga bangsa. Kita nggak bisa sama dengan Amerika atau negara-negara barat yang one man one vote. Karena mereka itu lahir dari proses eksploitasi dominasi yang ideologinya imperialisme dan kolonialisme, jadi nggak mungkin sama,” jelas dia.

Namun begitu, Koordinator Gerakan Selamatkan Indonesia ini menegaskan bahwa secara personal dirinya tidak ada persoalan apapun terhadap ketiga bakal capres tersebut.

“Aku nggak punya persoalan sama mereka. Tapi aku persoalan pada bangsa ini,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA