Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penghitungan Suara di TPS Rawan Masalah, Bawaslu Bekali Modul bagi Saksi Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 13 Juli 2023, 00:22 WIB
Penghitungan Suara di TPS Rawan Masalah, Bawaslu Bekali Modul bagi Saksi Parpol
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty/RMOL
rmol news logo Penghitungan suara pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) berpotensi menimbulkan masalah. Untuk itu, langkah pencegahan terus diperkuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui pembekalan modul bagi saksi parpol.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menuturkan, modul yang dibuat pihaknya menjadi pedoman bagi saksi parpol menangani masalah ketika muncul pada waktu pemungutan suara.

"Jika terjadi permasalahan saat proses pungut hitung, saksi harus bisa ambil tindakan," ujar Lolly kepada wartawan, Rabu (12/7).

Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat itu menjelaskan, tugas pengawasan dalam proses penghitungan suara juga melekat pada saksi Parpol.

Pasalnya, mereka bekerja untuk memastikan kertas suara yang dicoblos sesuai dengan yang dihitung oleh petugas TPS, alias tidak ada kecurangan hitung.

"Modul ini kami rancang supaya memudahkan tugas dari para saksi parpol. Sehingga bisa memberikan hasil pengawasan yang maksimal," sambungnya menegaskan.

Di samping itu, Lolly juga memastikan modul yang dibuat lebih baik dari sebelumnya. Karena terdapat beberapa catatan kekurangan yang seharusnya tidak terjadi di lapangan.

"Kami membuat modul yang mudah dibaca dan dimengerti. Supaya satu atau dua kali (baca) sudah bisa dipahami," katanya.

"Makanya kami libatkan teman-teman pemantau yang sangat andal dalam Pemilu. Karena kami yakin teman bisa berikan tips menjadi saksi yang andal," demikian Lolly. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA