Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pendemo RUU Kesehatan Ancam Mogok Kerja, Praktisi: Jangan Jadi Pahlawan Kesiangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 11 Juli 2023, 22:53 WIB
Pendemo RUU Kesehatan Ancam Mogok Kerja, Praktisi: Jangan Jadi Pahlawan Kesiangan
Massa aksi penolakan pengesahan RUU Kesehatan/RMOL
rmol news logo Aksi protes yang dilakukan organisasi profesi kesehatan terkait pengesahan RUU Kesehatan menjadi undang-undang tidak masalah sepanjang dilakukan dengan mekanisme yang ada.

Hal tersebut disampaikan praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama merespons aksi demo Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang digelar di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (11/7).

Secara khusus, dr Ngabila menyoroti penolakan PNNI dengan ancaman mogok kerja. Sebab hal ini akan membahayakan pasien.

"Tidak setuju (dengan aksi mogok kerja) karena pelayanan kepada masyarakat dan pasien adalah yang utama," kata Ngabila saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta ini mengingatkan, seluruh tenaga kesehatan harusnya menegakkan sumpah dokter.

Dengan melakukan mogok kerja, tentu akan bertentangan dengan dua janji yang tertuang di sumpah dokter. Poin pertama disebutkan, calon dokter bersumpah akan membaktikan hidup guna kepentingan perikemanusiaan.

Sementara pada poin tujuh berbunyi: "Saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan pasien, dengan memperhatikan kepentingan masyarakat".

"Jangan jadi pahlawan kesiangan dan ketinggalan kereta. RUU Kesehatan ini sudah aktif dibahas luas sejak Maret 2023 saat proses public hearing," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA