Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Perbedaan Pelaksanaan Shalat Id, Muhammadiyah Sumsel: Sah-sah Saja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 Juni 2023, 02:55 WIB
Soal Perbedaan Pelaksanaan Shalat Id, Muhammadiyah Sumsel: Sah-sah Saja
Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumatera Selatan (Sumsel) Prof Romli/RMOLSumsel
rmol news logo Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 1/M/MLM/I.0/2023 telah menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1444 H bertepatan dengan Senin 19 Juni 2023 dan 10 Dzulhijah 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023.

Penetapan tersebut berbeda dengan yang ditentukan oleh Pemerintah. Di mana setelah melalui Sidang Isbat, Pemerintah menentukan bahwa 1 Zulhijah 1444 H bertepatan dengan 20 Juni 2023. Maka 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Terkait dengan perbedaan waktu penetapan Hari Raya Idul adha 1444 H tersebut, Wakil  Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumatera Selatan (Sumsel), Prof Dr Romli menilai tidak ada masalah.

“Dalam artian sesungguhnya perbedaan itu, dilatarbelakangi oleh perbedaan penafsiran. Dan itu sah-sah saja,  jadi dapat dibenarkan seperti terjadi hari ini Muhammadiyah lebih dulu (shalat Id), bahkan bukan Muhammadiyah saja banyak yang lain selain Muhammadiyah yang pada hari ini,” katanya usai memimpin shalat Id di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Kampus A Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Rabu (28/6).

“Jadi itu biasa  yang penting saling menghormati dan toleransi satu dengan yang lain,” sambungnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel.

Sementara itu, anggota DPRD Sumsel dari Fraksi Gerindra, H Budiarto Marsul, yang ikut shalat Id bersama keluarganya mengatakan, soal adanya perbedaan penentuan hari raya Iduladha masyarakat Indonesia sudah sangat dewasa untuk menyikapinya. Terbukti  ini tidak ada yang bermasalah dan tidak ada gangguan .

“Kita tadi juga lihat aparat keamanan banyak hadir di tengah-tengah kita mengatur kondisi keamanan dan hari ini berlebaran mudah-mudahan bahagia dan besok yang berlebaran juga berbahagia,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA