Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Disarankan Tarik Semua Jatah Kursi Menterinya dari Kabinet Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 18 Mei 2023, 15:14 WIB
Nasdem Disarankan Tarik Semua Jatah Kursi Menterinya dari Kabinet Jokowi
pengamat politik dari Citra Institute, Efriza/Net
rmol news logo Jatah kursi menteri yang diperoleh Partai Nasdem, berkat mendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019, disarankan untuk ditarik, setelah muncul kemungkinan adanya intervensi politik dalam penetaoan tersangka Johnny Gerard Plate.

"Nasdem sebaiknya melakukan tindakan menarik semua kursi menteri yang dijabat oleh kader Nasdem," ujar pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/5).

Namun, Efriza menyayangkan adanya sikap yang ambigu ditunjukkan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh yang di satu sisi menghormati proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung, namun di sisi yang lain meminta aparat penegak hukum membuktikan dugaan korupsi yang potensi kerugian negaranya mencapai Rp 8 triliun.

Pengamatan Efriza, bahasa politik Surya Paloh ambigu karena menyerahkan kewenangan penggantian Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kepada Presiden Joko Widodo, setelah Johnny Plate ditangkap Kejagung.

"Bukan nanti bahasanya dihibahkan kepada Presiden Jokowi, dengan alasan hak prerogatif presiden. Jika ini dilakukan, maka Nasdem hanya ingin mengambil untung semata dari jabatan kursi menteri," tuturnya.

"Selain itu, ia juga tidak berani memikul tanggungjawab dan memperbaiki wajah institusi Partai Nasdem yang sedang kotor," demikian Efriza menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA