Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagi Pemuda HKTI, Kebijakan Jokowi Mampu Atasi Krisis Regenerasi Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 20 Februari 2022, 18:37 WIB
Bagi Pemuda HKTI, Kebijakan Jokowi Mampu Atasi Krisis Regenerasi Petani
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Berbagai program Presiden Joko Widodo terbukti berdampak positif bagi kesejahteraan petani. Terlebih untuk program petani milenial yang dinilai sebagai langkah cerdas mengatasi krisis regenerasi petani.

Ketua Pemuda Tani HKTI Rina Saadah Adisurya menyatakan, petani milenial menjadi program yang disiapkan Jokowi untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di sektor pertanian. Program itu bertujuan untuk mengembangkan sektor pertanian Tanah Air.

Rina menyebut, saat ini lembaga pendidikan perguruan tinggi menjadi wadah yang paling berpotensi melahirkan banyak petani milenial. Terlebih diluncurkannya proram ini juga sebagai upaya untuk menyosong era digital.

"Apalagi memang sekarangkan yang menjadi krisis itu regenerasi petani muda dan kampus merupakan wadah atau rumah bagi generasi unggul, SDM unggul di sektoer pertanian," ujar Rina, Minggu (20/2).

Sebab dia melihat sekarang ini pertanian harus menjadi sektor yang harus menjadi perhatian Jokowi. Lantaran pertanian kini menjadi ujung tombak ketahanan pangan terutama di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, sekarang yang dibutuhkan adalah sinergi dari seluruh pihak mulai dari lembaga swasta, pendidikan, hingga pemerintahan. Dengan begitu, lanjut dia, akan semakin mendekatkan Indonesia dengan kemandirian pangan.

"Karena di masa pandemi seperti sekrang ini yang enjadi sektor unggulan adalah sektor pertanian, berhubungannya dengan kebutuhan pangan masyarakat," imbuh Rina.

Selain masih dalam masa pandemi Covid-19, Rina menambahkan, sektor pertanian juga tengah krisis regenerasi petani. Menurut dia kondisi tersebut disebabkan  banyak dari para petani yang sudah berusia lanjut.

Maka dari itu perlu adanya peran dari generasi muda untuk terlibat aktif dalam Program Petani Milenial. Sebab keterlibatan anak muda dengan membawa pengetahuan dan kemampuan diri nantinya akan tercipta regenerasi petani yang masif.

"Apalagi memang sekarangkan yang menjadi krisis itu regenerasi petani muda dan kampus merupakan rumah bagi generasi-generasi unggul. SDM unggul di sektor pertanian," demikian Rina mengakhiri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA