Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringatkan Orang yang Ajak Tolak Vaksin, Luhut: Anda Bertanggung Jawab Jika Ada yang Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 07 Februari 2022, 15:16 WIB
Peringatkan Orang yang Ajak Tolak Vaksin, Luhut: Anda Bertanggung Jawab Jika Ada yang Meninggal
Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Jumlah tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit, dan jumlah pasien yang meninggal sudah mengalami lonjakan seiring kasus positif akibat sebaran varian Omicron yang tinggi.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hingga hari ini rerata keterisian tempat tidur berada di angka 65 persen.

"Perlu diperhatikan bahwa 65 persen pasien yang dirawat saat ini adalah pasien bergejala ringan dan tanpa gejala," ujar Luhut dalam jumpa pers virtual usai rapat terbatas (Ratas) Evaluasi PPKM bersama Presiden Joko Widodo yang berlangsung pada Senin siang (7/2).

Untuk mengantisipasi kelangkaan tempat tidur di rumah sakit, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini menganjurkan masyarakat yang terinfeksi tapi bergejala ringan untuk menggunakan fasilitas isolasi terpusat (isoter).

"Jadi kita ingin yang ringan-ringan (gejalanya), OTG (orang tanpa gejala), jangan masuk ke rumah sakit supaya BOR (Bed Occupancy Rate)-nya tetap rendah," imbaunya.

Akan tetapi, dari segi peningkatan angka kematian Covid-19 sejak Omicron merebak di dalam negeri, Luhut mencatat kenaikan yang cukup signifikan. Fatalnya, kelompok yang paling banyak adalah lansia, komorbid, dan yang belum divaksin.

"Dari 356 pasien meninggal dari sejak Omicron berjalan, 42 persen itu memiliki komorbid, 44 persen lansia, dan 69 persen belum divaksinasi lengkap," urainya.

Dari data itu, mantan Menko Polhukam ini meminta kepada masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan Covid-19 dan tak mengikuti anjuran orang-orang yang menganjurkan orang lain menolak vaksinasi Covid-19.

"Jadi saya mohon orang-orang yang menganjurkan dirinya atau orang lain supaya tidak vaksinasi, anda itu yang bertanggung jawab di komunitasmu, kalau ada orang yang meninggal karena tidak divaksin," tegas Luhut.

"Karena kita ini bicara pakai data. Dan itu menunjukkan 69 persen orang yang meninggal belum divaksin. Jadi saya mohon, lansia kalau anda belum vaksin cepat-cepat vaksin," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA