Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Ruang Digital Indonesia, Menteri Johnny Minta Jajarannya Tingkatkan Koordinasi dan Kolaborasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 Desember 2021, 22:36 WIB
Jaga Ruang Digital Indonesia, Menteri Johnny Minta Jajarannya Tingkatkan Koordinasi dan Kolaborasi
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Net
rmol news logo Keberhasilan migrasi aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital dalam agenda akselerasi transformasi digital ditentukan kinerja jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan, bagian di kementeriannya yang mengurusi soal digitalisasi adalah Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen (Aptika).

Oleh karena itu, dia menegaskan kepada jajaran Ditjen Aptika untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi baik di lingkungan internal maupun dengan mitra kerja.

"Kepiawaian personel Ditjen Aptika dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai konsekuensi dari disrupsi teknologi dan pandemi Covid-19 yang memaksa seluruh negara termasuk Indonesia untuk melaksanakan akselerasi transformasi digital," ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya pada Senin (13/12).

Johnny meminta seluruh jajaran Ditjen Aptika untuk dapat membangun koordinasi dan kolaborasi interpersonal dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokok secara lebih baik.

Menurut mantan Legislator dari Partai NasDem ini, untuk mengawal seluruh elemen masyarakat bertransformasi menjadi bangsa digital yang maju di era disrupsi, setiap talenta digital Ditjen Aptika dituntut untuk adaptif dan memanfaatan teknologi digital.

"Pada saat kita meletakkan tulang punggung 4G, di saat yang sama juga dituntut teknologi untuk rollout dan memberikan operasi komersial 5G," katanya.

Pada saat Kominfo merancang awal pengenalan 5G, Johnny memaparkan, dunia sudah berbicara 6G. Kemudian, pada saat Indonesia mengantar masyarakat dan pemerintah menuju kota cerdas, technology company sudah bicara metaverse, meloncat begitu cepat.

"Di sinilah pentingnya talenta-talenta hebat yang ada di Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika agar menjadi enabler bagi bangsa dan masyarakat kita bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik di era digitalisasi ini," tegasnya.

Mantan Anggota Komisi XI DPR RI ini menyebutkan, saat ini Kominfo diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan infrastruktur teknologi telekomunikasi dan Informatika secara merata di seluruh wilayah tanah air.

"Pada saat bersamaan pula Kepala Negara berpesan agar hilir atau downstream infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), juga harus mampu dan dikuasai oleh bangsa Indonesia," ucapnya.

Oleh karena itu, Johnny mengingatkan jajaran Ditjen Aptika agar terus menjaga ruang digital Indonesia. Hal itu sebagai upaya memenuhi harapan masyarakat agar ruang digital aman, bersih dan bermanfaat.

"Betapa besar harapan masyarakat yang akan kita laksanakan. Tidak ada kompromi atas pemanfaatan ruang digital yang tidak semestinya. Pastikan ruang digital kita, aman, bersih, bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa serta negara," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA