Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda Dengan Arahan Pusat, Gibran Rakabuming Izinkan Mudik Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 07 Mei 2021, 21:44 WIB
Beda Dengan Arahan Pusat, Gibran Rakabuming Izinkan Mudik Lokal
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka/RMOLJateng
rmol news logo Pemerintah Kota Solo sejauh ini masih mengizinkan mudik lokal.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sejauh ini masih tetap mengizinkan mudik lokal di wilayah Solo Raya. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kabupaten lainnya di kawasan Solo Raya.

"Masih kami koordinasikan lagi. Tapi sejauh ini masih dibolehkan. Wong Solo itu kecil banget kok. Masih kita bolehkan," ungkap Gibran, Jumat (7/5).

Sebelumnya pemerintah pusat menyatakan melarang mudik lokal untuk wilayah aglomerasi, salah satunya adalah wilayah Solo Raya.

"Tapi untuk larangan mudik lokal ini nanti saya koordinasi lagi sama pusat ya," jelasnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJateng.

Gibran juga menyebut alasan tetap mengizinkan mudik lokal karena kota Solo adalah kota kecil (luasnya) sehingga sulit untuk melakukan pembatasan mudik lokal.

"Solo itu kecil banget lho. Nanti penyekatannya mau seperti apa kalau mudik lokal dilarang?" tanya Gibran.

Ditambahkan Gibran, pembukaan kawasan wisata itu hanya ditujukan untuk warga Solo dan sekitarnya saja. Sementara wisatawan dari luar daerah tetap tidak diizinkan meski memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) sekalipun.

"Itu kawasan wisata dibuka untuk warga lokal saja, dari luar Solo ya enggak usah. SIKM itu khusus untuk tujuan yang urgent, bukan untuk wisata. Terlebih lagi SIKM dari wilayah zona merah enggak boleh," pungkasnya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA