Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amien Rais: Peran Politik Penting Dalam Menegakkan Kedaulatan Dan Keadilan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 25 Februari 2017, 11:27 WIB
Amien Rais: Peran Politik Penting Dalam Menegakkan Kedaulatan Dan Keadilan
Amien-Bachtiar-Din
rmol news logo Peran politik sangat dibutuhkan dalam menegakkan kedaulatan dan keadilan di Indonesia. Namun, jika peran politik tersebut disalahgunakan, akan membawa kemudaratan daripada kemaslahatannya.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 1995-2000 M. Amien Rais dalam Seminar Tanwir Muhammadiyah "Kedaulatan dan Keadilan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan” yang bertempat di Islamic Center Ambon, Sabtu (25/2).

Selain Amien juga hadir sebagai pembicara, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsuddin. Seminar dipandu Ketua PP Muhammadiyah Bachtiar Effendy.

"Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial, maka politik harus didudukan sesuai dengan porsinya," kata Amien, seperti dikutip dari situs Muhammadiyah.or.id.

Karena itu, mantan Ketua MPR RI ini mengingingatkan peran Muhammadiyah dalam politik harus lebih ditingkatkan. "Jangan sampai Muhammadiyah lepas dari politik, yang dapat mengancam gerak dakwah Muhammadiyah nantinya," ungkapnya.

Amien berpesan agar Muhammadiyah tidak hanya memiliki keinginan untuk berkuasa dalam politik, namun juga harus memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankan peran politik tersebut.

"Jangan haus akan kekuasaan politik semata, karena dalam politik tanggung jawab yang besar lebih diutamakan,” jelas Amien.

Menyikapi keadilan sosial di Indonesia, Amien mengatakan bahwa persebaran kekuasaan dan kekayaan di Indonesia saat ini masih belum merata. "Bagaimana keadilan sosial dapat terwujud, jika yang menguasai hanya sebagian orang saja," tegas tokoh reformasi ini.

Kedaulatan dan keadilan sosial akan terwujud jika penyebarannya merata, dan tidak terjadi pertimpangan, baik dalam hal ekonomi, maupun juga politik. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA