Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Megawati Tokoh "Paling Indonesia"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/muhammad-q-rusydan-1'>MUHAMMAD Q RUSYDAN</a>
LAPORAN: MUHAMMAD Q RUSYDAN
  • Rabu, 28 Agustus 2013, 19:01 WIB
Survei: Megawati Tokoh "Paling Indonesia"
megawati soekarnoputri/net
rmol news logo Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil penelitian mengenai kadar nasionalisme Capres-Cawapres 2014.

Penelitian ini disusun berdasarkan hasil focus group discussion (FGD) yang dilakukan pada 17 Agustus dengan para pakar, 24 Agustus dengan masyarakat, dan 26 Agustus dengan aktivis mahasiswa tentang kadar nasionalisme ke-Indonesiaan para capres-cawapres 2014.

"Indikator utama dalam penelitian yaitu kualitas personal, rekam jejak dan visi keindonesiaan," jelas  Direktur LPI, Boni Hargens, di Galeri Kafe, Cikini, Rabu (28/8).

Boni berharap dengan penelitian ini bisa menggeser wacana popularitas dalam peneltian yang berkaitan dengan pemilu 2014. Popularitas itu perlu diganti dengan wacana kualitas atau kompetensi.

"LPI berharap nasionalisme keindonesiaan menjadi tema pemilu 2014 karena pada aspek inilah Indonesia mengalami problem ontologis yang serius," lanjut Boni.

Hasil FGD itu menempatkan Megawati menjadi capres dengan kadar keindonesiaan tertinggi diikuti oleh Hary Tanoesudibjo, Joko Widodo dan Surya Paloh.

Megawati menjadi capres paling tinggi di semua aspek. Mulai dari wawasan dan visi keindonesiaan serta kemampuan memimpin dengan 78 poin, tidak melakukan KKN (79), tidak pernah melakukan pelanggaran HAM (83), reliabilitas (77), pemahaman akan kemajemukan dengan (80), serta rekam jejak (81). [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA