Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lepas Jabatan Wakapolri, Oegroseno Beralih Jadi Ketua Satpam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 04 Maret 2014, 12:05 WIB
Lepas Jabatan Wakapolri, Oegroseno Beralih Jadi Ketua Satpam
OEGROSENO/NET
rmol news logo Komjen Oegroseno resmi menyerahkan jabatan Wakil Kepala Polri kepada Komjen Badrodin Haiti. Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Sutarman di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/3) pagi.

Lalu apa kesibukan Oegroseno setelah pensiun dari jabatan Wakapolri?

"Informil belum. Yang jelas saya ingin kembangkan satpamlah. Satpam itu bagian dari UU 2/2002. Itu belum dikelola dengan sangat baik. Dikelola baik sudah, tapi belum dikelola dengan sangat baik," terang dia usai sertijab.

Oegro menuturkan, sebelum pensiun dia masih menemukan adanya penggunaan ijazah palsu dalam perusahaan jasa pengamanan. Hal itu, menurutnya, dapat membuka peluang bagi jaringan teroris untuk masuk berkecimpung dalam dunia satpam. Adapun Oegro nantinya akan menjadi Ketua Satpam dalam Komite Sekuriti Industri Indonesia yang dideklarasikan 12 Februari 2014 lalu.

"Jadi begini nanti satpam se Indonesia harus ada data. Bagaimana sertifikasi dan kompetensinya. Nanti kitalah yang adakan koordinasi dan pengawasan bersama Polri. Kita tetap berikan terbaik supaya mitra kita, kawan kita terdekat itu Satpam. Kita kelola. Ini belum sangat baik," terang dia.

"Sehingga obsesi saya nanti ada anggota satpam yang duduk di Komisi III DPR. Anggota satpam loh bukan kepolisian. Anda bisa bayangkan seorang anggota satpam memikirkan dirinya untuk bisa komunikasi dengan Kapolri.  Kalau 500 ribu Satpam di Indonesia milih rekannya jadi anggota DPR RI, jadi," sambung dia.

Jadi sertifikasi Satpam yang dimaksud ini apa pak?


"Tetap tidak bisa lepas dari kepolisian. Bagaimana pengamanan TKP. Bagaimana kalau ditemukan bom. Bagaimana identifikasi orang jadi DPO. Karir dan gaji mereka harus jelas. Selama ini satpam buat bulan-bulanan," demikian pensiunan jenderal bintang tiga ini sembari menambahkan bahwa Satpam lini terdepan.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA