Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar Pidana: Pembebasan Corby Menambah Buruk Kinerja Menkumham

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 10 Februari 2014, 18:40 WIB
Pakar Pidana: Pembebasan Corby Menambah Buruk Kinerja Menkumham
amir syamsuddin/net
rmol news logo Pembebasan secara bersyarat ratu mariyuana asal Australia, Schapelle Leigh Corby, menambah deret bukti ketidakbecusan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, dalam kinerjanya.

Di masa mantan Sekjen DPP Partai Demokrat itu menjabat sebagai Menkumham, banyak peristiwa yang terjadi. Sebut saja, kasus kerusuhan di berbagai lembaga pemasyarakatan, peredaran narkoba yang makin merajalela, hingga pembebasan terpidana Corby.

"Itu menunjukkan Kemenkumham tidak punya konsep dan strategi yang jelas dalam melaksanakan tupoksinya," ungkap pakar hukum pidana, Chairul Huda, Senin (10/2).

Chairul juga memastikan Amir sebagai Menkumham menjadi pihak yang ikut bertanggung jawab atas pembebasan narapidana pembawa ganja 4 kilogram itu. Kalau dari sisi tawar menawar pun, pemerintah Indonesia cukup lemah.

"Pasti, itu tanggung jawab Beliau. Yang pasti hal itu menunjukkan betapa lemah bargaining pemerintah kita terhadap Australia. Kasus penyadapan pejabat kita oleh intelijen mereka saja belum ada kejelasan, kok kita mau berbaik hati memberikan bebas bersyarat pada kiriminal WN Australia," urainya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA