Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senator Dailami Kritik JAKIM 2024 Digelar Sebelum Azan Subuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 24 Juni 2024, 13:52 WIB
Senator Dailami Kritik JAKIM 2024 Digelar Sebelum Azan Subuh
Pelepasan peserta Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024/Ist
rmol news logo Gelaran Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu (23/6) mengundang kritik tajam dari Anggota DPD RI asal DKI Jakarta Dailami Firdaus.

Gara-garanya JAKIM 2024 yang diikuti 15 ribu peserta dari Indonesia maupun mancanegara itu dimulai pukul 04.00 WIB atau sebelum azan subuh berkumandang.

Ajang itu sendiri melombakan tiga kategori, yakni Marathon (42,195K) yang dimulai pukul 04.00 WIB, Half Marathon (21,0975K) mulai pukul 05.15 WIB, dan 10K pada pukul 06.15 WIB. Semua kategori ini mulai start dari Monas.

"Kegiatan Jakarta Internasional Marathon yang sejatinya adalah bagian dari rangkaian memperingati HUT Kota Jakarta harusnya dapat memperlihatkan wajah Jakarta sebagi kota religius dan berbudaya," kata Dailami dalam keterangannya, Senin (24/6).

Menurut Dailami, seperti gelaran Jakarta Internasional Marathon tahun-tahun sebelumnya, lomba dapat dimulai atau dilaksanakan setelah ibadah salat Subuh.

"Bukan pada pukul 4 pagi atau sebelum ibadah salat subuh. Apalagi lokasi startnya tidak jauh dari Masjid Istiqlal," kritik Dailami.

Sebagai kota yang masyarakatnya religious, menurut Dailami, Pemprov DKI Jakarta seharusnya mempertimbangkan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut secara matang.

Bukan hanya sekedar mengejar momentum saja dan bangga dengan pencapaian jumlah peserta saja, namun juga harus dapat mengedepankan wajah masyarakat Jakarta yang religious, humanis dan beradab.

"Ini harus jadi pelajaran berharga bagi Pemprov DKI Jakarta juga panitia penyelenggara dan instansi terkait lainnya," demikian Dailami. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA