Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rafi Haikal Dorong Arsitek Muda Berlomba Gaet Investor Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 03 April 2024, 15:06 WIB
Rafi Haikal Dorong Arsitek Muda Berlomba Gaet Investor Luar Negeri
President Commissioner Urbahn International, Rafi Haikal/Ist
rmol news logo Talenta generasi muda Indonesia di bidang arsitektur tidak kalah hebat dari negara-negara lain di dunia. Banyak arsitek muda Tanah Air memiliki desain unik dan potensial menarik investor.

"Untuk segi desain dan estetika, talenta Indonesia lebih baik. Keunikan ini dapat digunakan untuk menarik minat investor dan arsitek luar negeri untuk berkolaborasi," kata President Commissioner Urbahn International, Rafi Haikal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4).

Lebih jauh, Haikal membandingkan konsep arsitek Indonesia dan Amerika Serikat. Di New York misalnya, arsitek dilihat seperti pegawai kesehatan.

Artinya, mereka tidak hanya harus memiliki ijazah, melainkan juga harus memiliki pengalaman kerja kurang lebih 3 ribu jam atau sekitar tiga tahun.

"Setelah tiga tahun bekerja, harus mengikuti sekitar 6-7 ujian baru mendapat sertifikat untuk praktik dan sertifikat. Itu prosesnya hampir sama seperti dokter. Kita harus mengaplikasikannya untuk kesehatan dan kenyamanan masyarakat New York," lanjut Haikal.

Sementara jika di Indonesia, bisnis arsitektur di Indonesia tidak cukup  hanya dengan sertifikasi, melainkan perlu memiliki beberapa perusahaan pelaksana proyek.

"Jadi, kalau di New York kita cukup punya satu perusahaan, sedangkan di Indonesia harus mempunyai lebih dari satu perusahaan untuk menerapkan hal tersebut," ujar putra Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan ini.

Concern terhadap talenta arsitek muda Indonesia juga sempat disampaikan Haikal dalam Program Real Estate Class Center for Strategic Entrepreneurial Leadership Universitas Indonesia (CSELUI) Real Estate Class di Kampus UI Salemba, Jakarta beberapa waktu lalu.

Kelas Real Estate ini menghadirkan President Director Urbahn International Jakarta, Jens H Muller sebagai narasumber. Keduanya memperkenalkan dan menyampaikan paparan mengenai Building Life Cycle.

Haikal bersama Urbahn Internasional juga sebelumnya telah memfasilitasi kegiatan forum bisnis dan investasi antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dengan pelaku usaha Amerika Serikat pada November 2023 lalu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA