Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirjen Bina Pemdes: Kemajuan Bangsa Berawal dari Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Selasa, 05 Desember 2023, 07:48 WIB
Dirjen Bina Pemdes: Kemajuan Bangsa Berawal dari Desa
Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro/Ist
rmol news logo Dalam berbagai kesempatan selalu diingatkan bahwa desa merupakan fundamental kemajuan sebuah bangsa. Jika fundamen kuat, negara pun akan kuat, begitu juga sebaliknya.
 
Pesan itu kembali disampaikan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Eko Prasetyanto Purnomo Putro, lewat keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (5/12).
 
Cara memperkuat fundamental itu, salah satunya adalah mengevaluasi tingkat perkembangan desa. "Apakah swadaya, sudah swakarya, atau sudah swasembada?," katanya.

Perlu juga dievaluasi, apakah desa-desa itu sudah memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes), yang merupakan gambaran kemandirian sebuah desa.
 
Eko mengingatkan, sejauh ini pemerintah pusat telah mentransfer dana desa sekitar Rp538,6 triliun dari 2015-2023. Sayangnya, PADes yang dihasilkan hanya sekitar Rp 2,6 triliun.

Sebab itu, perlu ada sinergi, kolaborasi antara Kemendagri, Kemendes PDTT, Bappenas, Kemenko PMK, dan Kemenkeu. "Butuh komitmen, tanpa komitmen tidak mungkin," tegasnya.

Dia juga mengingatkan para kepala desa, agar bisa meninggalkan warisan untuk generasi masa depan di desa-desa. Jabatan yang diemban saat ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat kemajuan-kemajuan yang baik, supaya kelak desa tak ditinggalkan generasi mudanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA