Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heru Budi Kasih Buruh Subsidi Transportasi dan Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 22 November 2023, 02:41 WIB
Heru Budi Kasih Buruh Subsidi Transportasi dan Pangan
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/11)/Ist
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2024 sebesar 3,6% atau Rp5.067.381 dari sebelumnya Rp4.901.798.

Tak hanya menambah besaran UMP, menurut Heru, Pemprov DKI juga memiliki banyak program untuk membantu masyarakat.

"Ada yang namanya Kartu Pekerja Jakarta. Dengan Kartu Pekerja Jakarta mereka mendapatkan bantuan subsidi transportasi gratis. Lantas secara otomatis mendapatkan subsidi pangan," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/11).

Kartu Pekerja Jakarta akan diberikan kepada buruh yang memenuhi kriteria tertentu, yaitu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan besaran gaji paling besar senilai 1,15  kali UMP, tanpa dibatasi oleh masa kerja maupun kriteria lainnya sesuai peraturan perundang-undangan.

Heru menambahkan, selain menetapkan UMP, Pemprov DKI Jakarta juga mengingatkan kewajiban pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah di perusahaan.

Struktur skala upah ini, kata Heru, harus memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas sebagai pedoman bagi pekerja/buruh dengan masa kerja satu tahun atau lebih.

“Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pengawasan dan memberikan sanksi kepada pengusaha yang tidak mematuhi kewajiban tersebut,” demikian Heru.rmol news logo article





Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA