Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, Curah Hujan Diprediksi Akan Tinggi Selama Januari-Maret

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 03 Januari 2017, 03:46 WIB
Waspada, Curah Hujan Diprediksi Akan Tinggi Selama Januari-Maret
ilustrasi/Net
rmol news logo Sebanyak 52 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur dilanda banjir pukul 14.00 Wib (Senin, 2/1). Ribuan rumah terendam banjir setinggi 30 - 100 centimeter.  

"Data sementara dilaporkan terdapat 2 unit rumah hanyut, 13 unit rumah rusak berat, 8 unit rumah rusak sedang dan 1 unit jembatan rusak berat," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya Senin malam.

BPBD Aceh Timur masih melakukan pendataan. Namun, banjir sudah mulai surut dan pengungsi yang bertempat di tempat saudara terdekat sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Tak hanya di Aceh, banjir juga terjadi di Cirebon, Jawa Barat pada Minggu (1/1). Empat desa yaitu Desa Ambit, Ciuyah, Mekarsari dan Gangsri di Kecamatan Walet Kabupaten Cirebon terendam banjir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Ciberes sehingga terjadi banjir hingga ketinggian 2 meter.

Sebanyak 765 KK atau 2.870 jiwa terdampak langsung dari banjir. 200 jiwa mengungsi.

"Banjir mulai surut sejak Senin pagi. Hanya menyisakan lumpur dan sampah. Masyarakat kembali ke rumahnya untuk membersihkan lingkungannya," ungkapnya.

Dia menambahkan curah hujan diprediksi akan tinggi selama Januari hingga Maret 2017. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA