Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembaruan: Vaksin Sputnik-V Buatan Rusia, 95 Persen Efektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 November 2020, 08:08 WIB
Pembaruan: Vaksin Sputnik-V Buatan Rusia, 95 Persen Efektif
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pengembang vaksin anti Covid-19 buatan Rusia Sputnik-V mengatakan bahwa vaksin buatannya telah diuji klinis dan kini dinyatakan 95 persen efektif untuk melawan virus corona. Sebelumnya keampuhan vaksin itu dinyatakan 92 persen.

Kementerian kesehatan Rusia, pusat penelitian Gamaleya yang dikelola negara dan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) mengatakan bahwa perhitungan tersebut didasarkan pada data awal yang diperoleh 42 hari setelah dosis pertama.

Namun, mereka tidak mencatat jumlah kasus yang digunakan untuk membuat penghitungan.

Menurut pernyataan resmi yang dimuat di akun Twitter Sputnik-V, vaksin buatan mereka akan dibanderol dengan harga kurang dari 20 dolar AS per orang di pasar internasional, sementara warga Rusia akan mendapatkannya secara cuma-cuma, seperti dikutip dari AFP, Selasa (24/11).

Sebelumnya, kepala dana kekayaan kedaulatan Rusia Kirill Dmitriev mengatakan pada hari Selasa bahwa harga vaksin akan jauh lebih rendah daripada pesaing lain dengan tingkat kemanjuran yang sama. Dmitriev menambahkan Moskow bertujuan untuk menghasilkan lebih dari 1 miliar dosis di dalam dan luar negeri tahun depan.

Moskow telah dikritik oleh beberapa ilmuwan di Barat yang menuduhnya mengambil jalan pintas dalam upaya untuk mempercepat vaksin Sputnik V, tudingan yang dibantah oleh Rusia dan mengatakannya sebagai kampanye kotor dari Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA