Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: KPK Tak Pernah Targetkan Seseorang jadi Tersangka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 12 Juli 2023, 20:19 WIB
Firli Bahuri: KPK Tak Pernah Targetkan Seseorang jadi Tersangka
Ketua KPK, Firli Bahuri/RMOL
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tidak pernah menargetkan seseorang untuk dijadikan tersangka. Lembaga anti rasuah ini bekerja berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penegasan itu disampaikan Ketua KPK, Firli Bahuri, menanggapi anggapan bahwa KPK menarget Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Hasbi Hasan (HH), untuk dijadikan tersangka dugaan suap pengurusan perkara di MA.

"Saya ingin katakan, KPK tidak pernah menjadikan seseorang sebagai target, tidak ada. Itu tidak profesional," kata Firli kepada wartawan, di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Ditambahkan juga, KPK bekerja sesuai asas-asas pelaksanaan tugas pokok KPK, di antaranya profesionalitas, akuntabel, transparan, demi kepastian hukum, demi kepentingan umum, dan lainnya.

"Coba rekan-rekan maknai kembali, apa yang dimaksud penyidikan. Jadi tidak boleh ada target, tidak akan pernah terjadi target mentarget," tegasnya.

Dia juga memastikan, seseorang menjadi tersangka karena cukup alat bukti. Hakim dapat memutus perkara berdasar keyakinannya, dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti.

"Tersangka muncul karena ada bukti-bukti," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA