Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Siap Hancurkan Korea Utara Jika Muncul Provokasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Desember 2023, 16:30 WIB
Korea Selatan Siap Hancurkan Korea Utara Jika Muncul Provokasi
Pertemuan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik dengan para komandan militer pada 13 Desember 2023/Net
rmol news logo Korea Selatan mengancam akan menghancurkan Korea Utara jika Pyongyang melakukan provokasi lebih lanjut.

Ancaman itu diutarakan oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik selama pertemuan dengan para komandan militer pada Rabu (13/12), seperti dimuat Reuters.

"Korea Utara hanya punya dua pilihan, (yaitu) perdamaian atau kehancuran. Jika Korea Utara melakukan tindakan gegabah yang membahayakan perdamaian, hanya kehancuran besar yang menanti mereka," ujarnya.

Kurang dari sepekan sebelumnya, Shin mengujungi komando rudal Korea Selatan. Pada kesempatan itu, ia menyebut unit tersebut dapat memukul jantung dan kepala musuh secara mematikan jika terjadi perang.

Dalam pertemuannya dengan para komandan, Shin menguraikan langkah-langkah yang diambil militer untuk meningkatkan kemampuannya. Hal ini termasuk meluncurkan satelitnya sendiri, meningkatkan kesejahteraan tentara, dan memperkuat sistem pertahanan “tiga sumbu” Korea Selatan.

Pada Selasa (12/12), Kementerian Pertahanan Korea Selatan telah meminta kenaikan anggaran pertahanan sebesar 4,5 persen untuk tahun depan. Anggaran tersebut ditujukan untuk mengadopsi lebih banyak kapal selam, jet siluman F-35A, dan sistem pertahanan udara.

Ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Bulan lalu, Pyongyang mengatakan pihaknya tidak akan lagi mematuhi pakta militer antara negara bertetangga pada tahun 2018 yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan.

Langkah Pyongyang ini dilakukan setelah Korea Selatan mengatakan pihaknya akan menangguhkan sebagian perjanjian tersebut, menyusul peluncuran satelit mata-mata oleh Korea Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA