Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Bakal Luncurkan Satelit Mata-mata Pertama Buatan Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 07 November 2023, 09:23 WIB
Korea Selatan Bakal Luncurkan Satelit Mata-mata Pertama Buatan Lokal
Presiden Korsel Yoon Suk-yeol/Net
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan sistem pertahanan, Korea Selatan berencana meluncurkan satelit militer mata-mata pertama ke ruang angkasa.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Jeon Ha Gyu, pada Senin (6/11) mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg California pada 30 November mendatang.

"Satelit tersebut akan dibawa oleh roket Falcon 9 milik SpaceX," ungkap Jeon, seperti dimuat Associated Press.

Menurut laporan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan, kerja sama dengan SpaceX memungkinkan Seoul meluncurkan empat satelit mata-mata lagi hingga tahun 2025.

Rencana tersebut diumumkan setelah Korea Utara tidak jadi melakukan upaya peluncuran satelit militer untuk ketiga kalinya Oktober lalu.

Korea Selatan saat ini tidak memiliki satelit pengintaian militer dan bergantung pada satelit mata-mata AS untuk memantau pergerakan Korea Utara.

Peneliti sains di Institut Kebijakan Teknologi, Lee Choon Geun, mengatakan saat ini satelit mata-mata AS menghasilkan citra dengan resolusi lebih tinggi, namun dioperasikan berdasarkan tujuan strategis AS bukan tujuan Korea Selatan.

Lee menyebut AS juga terkadang tidak membagikan foto satelit yang berisi informasi yang sangat sensitif kepada Korea Selatan.

Kepemilikan satelit mata-matanya sendiri akan memberi Korea Selatan sistem pengawasan independen berbasis ruang angkasa untuk memantau Korea Utara hampir secara real-time. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA