Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Shoigu: Hubungan Rusia-Iran Mencapai Tingkat Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 20 September 2023, 15:32 WIB
Shoigu: Hubungan Rusia-Iran Mencapai Tingkat Baru
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri saat mengikuti upacara penyambutan resmi di Teheran, Iran, pada 19 September 2023/REUTERS
rmol news logo Hubungan antara Rusia dan Iran telah mencapai tingkat baru meskipun ada tantangan dari Amerika Serikat dan sekutu Barat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada Rabu (19/9), dengan mengatakan bahwa hubungan keduanya akan terus meningkat.

“Kami bertekad untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan yang kami rencanakan meskipun ada tentangan dari AS dan sekutu Baratnya. Tekanan sanksi terhadap Rusia dan Iran terbukti sia-sia, sementara kerja sama Rusia-Iran mencapai titik tertinggi baru,” kata Shoigu.

Seperti dimuat Al Arabiya, Menteri Pertahanan Rusia ini juga menegaskan kesiapannya untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut guna memperkuat stabilitas dan keamanan di kawasan Timur Tengah.

Kemajuan hubungan antar kedua negara itu terjadi setelah kedua pihak melakukan pertemuan untuk membahas secara rinci terkait berbagai isu dalam kerja sama militer bilateral.

"Kami sangat gembira melihat bahwa dialog antara Rusia dan Iran semakin intensif belakangan ini," tambah Shoigu.

Menanggapi pernyataan dari timpalannya itu, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, menyambut baik hubungan antar kedua negara yang telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini.

Meski begitu, menurutnya masih banyak potensi kerja sama militer yang belum dimanfaatkan oleh Teheran dan Moskow, yang dianggap dapat menjadi penggerak utama dan garda terdepan dalam pengembangan hubungan kedua negara.

"Kita masih jauh dari realisasi potensi penuh yang dimiliki oleh kedua negara ini. Ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk mengoptimalkan potensi kerja sama yang ada," ujar Bagheri.

Menurutnya, melalui berbagai acara seperti konsultasi dan komisi militer, keduanya dapat berkontribusi dalam memperdalam hubungan kedua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA