Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Latihan Militer Taiwan, China Kerahkan Puluhan Jet Tempur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 13 Juli 2023, 00:14 WIB
Jelang Latihan Militer Taiwan, China Kerahkan Puluhan Jet Tempur
Jet Tempur J-11B China/Net
rmol news logo China mengerahkan kapal angkatan laut dan puluhan pesawat tempurnya ke wilayah Taiwan, selama dua hari menjelang latihan militer tahunan yang akan digelar di Taipei.

"Tentara Pembebasan Rakyat China mengirim 38 pesawat tempur dan 9 kapal angkatan laut di sekitar Taiwan, antara Selasa (11/7) pukul 06.00 hingga Rabu (12/7) 06.00," lapor Kementerian Pertahanan Taiwan.

Sementara sejak Rabu siang, militer China dilaporkan telah menerbangkan 30 pesawat tempur lainnya, termasuk jet tempur J-10 dan J-16 yang canggih, yang dilaporkan telah melintasi garis tengah Selat Taiwan. Garis tengah merupakan batas tidak resmi yang dianggap sebagai penyangga antara pulau dan daratan.

Dalam manuver itu, militer China dilaporkan juga menerbangkan pembom H-6 dalam putaran besar ke selatan Taiwan, dan melewati pulau itu sebelum berputar kembali ke pantai selatan China.

Seperti dikutip TRT World, Taiwan dijadwalkan mengadakan latihan tahunan militer Han Guang pada akhir bulan ini, untuk melatih kesiapan pasukannya dari ancaman invasi China.

China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahannya sendiri sebagai wilayah mereka, yang akan mereka rebut kembali suatu saat nanti.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara itu telah menunjukkan ketidaksenangan pada kegiatan politik di Taiwan, khususnya setelah kunjungan mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan Agustus lalu.

Untuk itu, China secara aktif terus meningkatkan jumlah pesawat militer, kapal angkatan laut, serta dronenya, yang mereka kerahkan untuk meningkatkan ancaman kepada Taiwan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA