Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Total 47.000 Pria Rusia Tewas dalam Perang Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 11 Juli 2023, 20:00 WIB
Total 47.000 Pria Rusia Tewas dalam Perang Ukraina
Ilustrasi/Net
rmol news logo Total korban perang Ukraina dari pihak Rusia diperkirakan mencapai 47.000 pria dengan rata-rata usia di bawah 50 tahun.

Hasil perhitungan tersebut merujuk pada laporan yang dirilis media independen Rusia, Mediazona dan Meduza bekerja sama dengan seorang peneliti dari Universitas Tubingen.

Mediazona mengklaim keakuratan laporan total korban mencapai 95 persen, dengan rentang perkiraan antara 40.000 hingga 55.000 orang.

Kendati demikian, menurut Mediazona, tidak ada yang mengetahui jumlah pasti dari korban tewas kecuali Kremlin. Namun, pemerintah Rusia tentu tidak akan mempublikasikan angka sebenarnya.

"Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melaporkan jumlah kematian Rusia sebanyak 5.937. Tetapi jumlahnya kemungkinan tidak akurat karena alasan politik," jelas laporan tersebut, seperti dimuat The Jerussalem pada Selasa (11/7).

Membandingkan dengan hasil perhitungan mereka, Mediazona mengklaim hasilnya lebih mendekati dibanding yang dikeluarkan Kremlin.

Meskipun mereka tidak memiliki banyak akses ke seluruh data dan masih banyak kasus yang tidak masuk dalam perhitungan, tetapi outlet media dan peneliti berhasil mengumpulkan sampel dan menyajikan beberapa proporsi kematian berdasarkan umur dan status sosial.

"Untuk menghitung tingkat kematian, kami menghitung rasio antara jumlah entri yang kami temukan di registri dan jumlah kematian selama periode yang sama dalam kelompok usia yang sama," jelas Mediazona. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA